Breaking

Kamis, 24 Oktober 2019

Di Acara Penyaluran Rastrada , Wabup Muqit Arief Tekankan Pentingnya Dokumen Kependudukan Bagi Masyarakat


Peduli Rakyat News | Jember,- Saat di acara penyaluran Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) , Bantuan Sarana Prasarana dan Pemenuhan Hak Sipil Anak , Kamis 24 oktober , Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief menekankan akan dokumen kependudukan sangat penting . Karena itu , Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief mengajak semua pihak untuk segera mengurus dokumen kependudukannya. Baik KTP , akte kelahiran , maupun Kartu Identitas Anak (KIA) .

Kegiatan Penyaluran Rastrada , Bantuan Sarana Prasarana dan Pemenuhan Hak Sipil Anak itu berlangsung di Pondok Pesantren Al Falah Desa Karangharjo , Kecamatan Silo ini diikuti oleh warga dari lima kecamatan .

Didalam acara , Wabup Muqit Arief melontarkan ajakan itu karena data yang ada menjelaskan masih sedikit warga yang memiliki dokumen kependudukan, utamanya akte kelahiran .

Dari jumlah penduduk Kabupaten Jember yang mencapai lebih dari 2,5 juta , warga yang memiliki akte kelahiran sekitar 650 . 000 orang .

“ Padahal akte kelahiran ini sangat penting sebagai identitas seseorang , " terang Wabup Muqit Arief di  sambutannya .

Wabup Muqit Arief menerangkan , bagi anak selain akte kelahiran juga perlu memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) . Kartu ini merupakan salah satu wujud dari hak sipil anak .

Di kesempatan itu juga . Wabup Muqit Arief menyerahkan secara simbolis KIA untuk lima kecamatan , yaitu Kecamatan Mayang , Mumbulsari , Silo , Ledokombo dan Pakusari dengan jumlah kartu yang diberikan sebanyak 333 keping kartu .

Untuk penyaluran Rastrada kali ini sebanyak 1.286 , terdiri dari 493 keluarga penerima manfaat di Kecamatan Silo dan 793 KPM di Kecamatan Mumbulsari . Dan sampai pada sesi ketujuh kegiatan penyaluran ini , pemerintah telah menyalurkan Rastrada kepada 4.242 KPM .

Tetapi , dari jumlah tersebut terdapat sekitar 618 Rastrada yang tidak bisa disalurkan karena di lapangan KPM tersebut telah menerima bantuan dari pusat . Dan lagi ada pula KPM Rastrada tersebut ternyata sudah meninggal. Hal ini termasuk adanya data ganda KPM sasaran Rastrada .

Karena itu , jumlah Rastrada yang telah berhasil disalurkan sebanyak 3.624 KPM . Sedangkan untuk setiap KPM menerima satu kuintal beras . Untuk bantuan sarana dan prasarana yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jember berupa paving , MCK dan penerangan jalan umum menuju pondok .

Pada acara tersebut tidak hanya menjelaskan tentang berbagai bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember saja , namun Wabup Muqit Arief juga mengingatkan bahwa saat ini telah disahkan undang-undang perkawinan baru .

Terdapat perubahan dalam undang-undang itu , yaitu terkait umur perempuan yang boleh menikah menjadi 19 tahun yang sebelumnya  undang-undang membolehkan perempuan berusia 16 tahun untuk menikah .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman