Breaking

Selasa, 08 Oktober 2019

Aplikasi SIP di Pamerkan Pada Acara Jatim Kominfo Festival (JFK)


Peduli Rakyat News | Jember,- Disamping mempromosikan produk-produk lokal Jember , Dinas Kominfo Kabupaten Jember dipameran acara Jatim Kominfo Festival (JFK) juga memperkenalkan aplikasi SIP (Sistem Informasi Pelayanan) Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara daring (online) . Pameran itu yang berlangsung di Gor Ki’ Mageti Kabupaten Magetan , Jumat , 04 Oktober 2019 .

Isnaini Dwi Susanti, SH., MSi. sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menyampaikan bahwa saat ini aplikasi SIP terus disosialisasikan ke masyarakat , baik di dalam wilayah Jember maupun di luar Jember .

“ Agar masyarakat bisa mendukung penggunaan aplikasi SIP dan mau memahami betul tentang tata cara membuat Adminduk maupun mengoperasikannya melalui aplikasi SIP ini,” terang Kadin Dwi Susanti .

Kadin Dwi Susanti juga mengatakan , dengan aplikasi SIP ini masyarakat sudah bisa mengakses adminduk yang mereka inginkan dari rumah masing-masing .

Dan untuk aplikasi SIP ini bahkan sudah tersedia di Google Playstore maupun website resmi Dispendukcapil Pemkab Jember yakni http://dispendukcapil.jemberkab.go.id/

Kadin Dwi Susanti juga berharap aplikasi SIP ini dapat menjadi sarana penghubung bagi masyarakat Jember yang tinggal maupun merantau di luar Kabupaten Jember yang hendak mengurusi dokumen adminduknya .

“ Aplikasi ini bisa digunakan oleh masyarakat Jember yang berada di luar kota untuk mengurusi kelengkapan adminduk . Pengajuan saat berada di luar kota dan mengambilnya ketika sudah pulang ke Jember , ” terang Kadin Dwi Susanti .

Dengan aplikasi SIP pelayanan adminduk , masyarakat Jember atau luar Jember dapat terbantu dan dipermudah . Sekarang tidak berjubel-jubel lagi di kantor Dispendukcapil , karena sudah ada aplikasi SIP .

Sebagai contoh penggunaan apikasi SIP ini, seorang dosen di Universitas Indonesia mengajukan permohonan revisi akte kelahiran melalui aplikasi SIP .

“ Setelah surat permohonan selesai dengan menggunakan SIP, perubahan akte kelahiran dapat diselesaikan di Dispenduk Jakarta , ” kata Kadin Dwi Susanti .

Kedepannya , SIP ini terus disosialisasikan lebih luas kepada masyarakat . “ Mudah-mudahan Dispendukcapil Jember dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” harap Kadin Dwi Susanti .

Dalam kesempatan yang sama , Rudi Budi Prakoso Jaka Prita, S. Kom . sebagai Kasi Data dan Statistik Diskominfo Jember menjelaskan bahwa Aplikasi SIP ini merupakan produk inovasi sistem layanan Dispenduk Capil Jember secara daring berbasis aplikasi website dan berbasis aplikasi android .

Rudi Budi mengatakan , aplikasi ini bisa digunakan untuk semua layanan permohonan kepengurusan adminduk capil . Diantaranya permohonan pembuatan akte kelahiran , pembuatan akte kematian , permohonan pencetakan KK hilang atau rusak , permohonan pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak) dan lainnya .

Rudi Budi mengatakan Aplikasi SIP yang sangat memudahkan masyarakat dalam kepengurusan adminduk capil ini diharapkan bisa memotivasi Dispendukdapil di daerah lainnya dan menjadi contoh pelayanan .

“ Dapat memudahkan masyarakat Jember yang ada di luar kota , agar tidak perlu bingung harus bolak-balik mengurusi adminduk di Jember , cukup dengan online , ” kata Rudi Budi di stand pameran Pemkab Jember tersebut .
(Nu2g Irawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman