45 Anak di Kecamatan Ranuyoso Ikuti Khitanan Massal



Lumajang, Pedlirakyatnews.com -  Sekbanyak 45 anak yang berusia sekitar tiga sampai tujuh tahun yang berdomisili di wilayah Kecamatan Ranuyoso mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bati Wanwil Koramil 0821/06 Ranuyoso Serka Eko Andi Erwanto saat mendampingi kegiatan khitanan massal di Puskesmas Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (8/10/2019).

Eko juga mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan dan pendampingan terhadap program-program pemerintah dari berbagai bidang, salah satunya dibidang kesehatan yang saat ini dilakukan khitanan massal bagi warga kurang mampu.

“Selain mempunyai tugas kemiliteran, TNI juga punya tugas untuk membantu menyukseskan program-program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Ranuyoso Mieke Dwi Hayuningtyas mengatakan, bahwa khitanan massal yang selenggarakan tersebut merupakan upaya realisasi program pemerintah untuk menjaga kesehatan anak.

Menurut dia, melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya. “Bagi laki-laki, khitan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air kencing,” katanya.

Selain itu, dikatakan Meike, bahwa khitan juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap dari air kencing.

"Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kesehatan anak di wilayah Kecamatan Ranuyoso dapat terjaga, sehingga terwujud generasi milenial yang sehat dan tangguh di masa yang akan datang," pungkasnya. (Pendim 0821/Pri)

Posting Komentar

0 Komentar