Iklan VIP

Redaksi
Selasa, 24 September 2019, 12:04 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:11:58Z
BanyuwangiBeritaJatim

MAHASISWA DAN AKTIVIS DEMO DI KANTOR DPRD BANYUWANGI


Peduli Rakyat News.com - Banyuwangi
Hari Tani Nasional, puluhan mahasiswa dan aktivis di Banyuwangi, demo kantor DPRD Banyuwangi, Selasa (24/9/2019). Mereka mendesak wakil rakyat menolak undang-undang bermasalah yang sedang digodok DPR RI.

Mahasiswa di Banyuwangi getol meneriakan, menolak UU KPK. Mahasiswa juga menolak pelemahan terhadap lembaga KPK.

Tidak itu saja, mahasiswa juga mengkiritik, terhadap RUU KUHP, kabut asap, kekerasan di Papua, konflik agraria, RUU Pertanahan, RUU PKS, RUU Minerba, RUU Perkelapasawitan, represi aparat, RUU Ketenagakerjaan, dan pemindahan Ibukota Negara.
Untuk isu lokal, beberapa mahasiswa protes, dengan menyatakan penolakan atas program Banyuwangi Industrial Estate Wongsorejo (BIEW). Karena dinilai hanya akan merusak lahan pertanian produktif di Kecamatan Wongsorejo.

Oleh demonstran, pihak eksekutif dan legislatif Bumi Blambangan juga diminta membatalkan hak pakai atas lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT Wongsorejo. Selanjutnya dikembalikan sesuai hak petani setempat.

“Tegakkan agenda Reforma Agraria di Banyuwangi, baik dalam rangka pengembalian tanah-tanah rakyat yang dirampas maupun upaya perlindungan dan kesejahteraan hak petani atas kebijakan Perhutanan Sosial,” ucap mahasiswa.

Pada aksi damai ini, kaum intelektual mahasiswa dan aktivis Banyuwangi, menyatakan pula dukungan atas penyelesaian berbagai konflik agraria dan sumberdaya di Bumi Blambangan. Termasuk meminta adanya perwakilan petani dalam tim khusus penyelesaian masalah bentukan pemerintah. (Rip)