Iklan VIP

Redaksi
Senin, 23 September 2019, 12:17 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:11:58Z
BeritaJatimJember

Bupati Faida Berikan Apresiasi dan Piagam Khusus Dalam Peringatan HUT ke-74 PMI


Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat dialun-alun Jember , Upacara memperingati HUT ke-74 PMI , pada 17 September 2019  . Dalam kesempatan itu , Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. memberikan apresiasi kepada relawan yang telah menunjukkan kepedulian dan prestasinya.

Bupati Faida mengatakan , apresiasi itu diwujudkan dengan memberikan piagam dari Pemerintah Kabupaten Jember yang bisa menjadi dokumen persyaratan untuk memilih sekolah tanpa tes di seluruh sekolah di Jember .

Disisi lainnya , piagam tersebut menjadi bukti untuk mendapatkan prioritas memperoleh beasiswa perguruan tinggi dari Pemerintah Kabupaten Jember .

“ Prestasi siswa bukan hanya prestasi akademik , olahraga dan seni . Tetapi , para relawan siswa ini peduli dan berprestasi sebagai KSR baik di tingkat regional maupun nasional , " terang Bupati Faida .

Bupati Faida pada kesempatan itu menjadi inspektur upacara yang diikuti oleh ratusan relawan maupun anggota PMR (Palang Merah Remaja) dan KSR (Korps Sukarelawan Remaja) .

Bupati Faida mengatakan , relawan di Jember bukan relawan kabupaten. Mereka adalah relawan kemanusiaan yang tercatat sebagai relawan nasional .

“ HUT ke-74 PMI di Kabupaten Jember ini kita rayakan bersama dengan para relawan , termasuk relawan pemula usia dini , ” kata Bupati Faida .

Disamping memberikan apresiasi kepada relawan , Bupati Faida juga mengapresiasi pendonor dengan memberikan kesempatan umroh kepada pendonor lebih 100 kali dan asuransi kesehata gratis dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk pendonor 25 lebih .

“ Bagi yang muslim dan mampu menjalankannya, kita berikan hadiah umroh . Bagi yang tidak mampu dan non muslim, kita bagikan dalam bentuk lainnya , ” ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida juga mengaku senang , karena PMI telah menangkap perintah untuk bersinergi . Salah satu buktinya yaitu kesepakatan PMI bersinergi dengan lintas usahawan dengan bermacam-macam sinergi .

“ Mereka ini bersinergi untuk para relawan dan pendonor mendapatkan diskon 20 persen . Sehingga kehadiran PMI bisa dirasakan oleh masyarakat , karena kepercayaan masyarakat adalah aset PMI untuk tetap berkiprah maksimal , ” jelas Bupati Faida .

Bupati Faida menyebutkan , baginya PMI harus lebih mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat. Ini guna mewujudkan masyarakat Jember yang sehat , tangguh dan peduli untuk Indonesia. Juga untuk lebih meluaskan pelatihan kepada masyarakat, khususnya anak-anak tentang kebencanaan .

Khususnya untuk PMI Jember , Bupati Faida berpesan PMI harus membangun aset sumber daya manusianya . Baik para relawan , pengurus , sekcam dan jaringannya . Membangun SDM ini dengan berlatih bersama lintas sektor .

“ Saya berharap , dimanapun kita berjuang , termasuk PMI , intinya adalah membangun sumber daya manusia , ” terang Bupati Faida .

Sebagai Ketua PMI Jember , Zaenal Marzuki, SH, MH, menyampaikan bahwa kesepakatan terjadi dengan 20 usahawan , baik toko dan lintas kesehatan . Kesepakatan itu menyatakan pemilik kartu donor Jember akan mendapatkan diskon hingga 20 persen .

“ Para pendonor ini adalah pahlawan kemanusiaan yang luar biasa , karena mereka tidak hanya memikirkan dirinya tetapi berpikir bagaimana orang lain bisa tertolong , ” kata Zaenal Marzuki .

Saat itu Zaenal Marzuki juga mengatakan , PMI Jember memiliki program untuk menyiapkan relawan tangguh sejak dini .

“ PMR pemula kita siapkan dengan memberikan pembekalan cara menyelamatkan diri dan temannya . Pembinaan dilakukan sedini mungkin untuk menyiapkan masyarakat Jember untuk tangguh bencana , ” lanjut Zaenal Marzuki .

“ Pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya , ” pungkas Zaenal Marzuki .

Dari hasil pantauan di lapangan , usai upacara peringatan HUT ke-74 PMI , diadakan simulasi evakuasi mandiri yang dimainan oleh ratusan siswa siswi sekolah dasar .
(Nu2g)