Breaking

Sabtu, 20 Juli 2019

Wabup Muqit Arief Menerima Kunjungan Wakil Dubes Australia ke Tanoker Ledokombo



Peduli Rakyat News | Jember,-  Pada Jum'at 19 Juli 2019 , Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief menerima kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox , yang berkunjung ke Tanoker di Desa Ledokombo , Kecamatan Ledokombo .

Di kesempatan itu , Wabup Muqit Arief mengatakan , Allaster Cox memberikan apresiasi terhadap kegiatan Tanoker dalam membantu anak buruh migran di Desa Ledokombo , maupun dalam mengatasi permasalahan buruh migran .

Wabup Muqit Arief didampingi Kadis Pariwisata Anas Ma'ruf saat menerima kunjungan itu menerangkan , Allaster Cox juga sangat tertarik dengan budaya lokal yang dilestarikan di tempat ini . Pengenalan budaya lokal yang tetap dilestarikan dan menjadi ciri khas keindonesiaan .

Atas kunjungan dari Allaster Cox tersebut , Wabup Muqit Arief menyatakan akan semakin mengakrabkan komunikasi dengan Australia . Karena , banyak sekali program dari Australia yang sudah dilaksanakan di beberapa daerah , salah satunya di Jember .

" Beliau akan terus membangun komunikasi dengan kita , yang sangat tertarik kepada hal-hal yang berkaitan dengan buruh migran , ungkap Wabup Muqit Arief yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini .

Wabup Muqit Arief menjelaskan , Jember adalah salah satu sentra buruh migran . Terdapat beberapa daerah yang memang menjadi suplier buruh migran ke luar negeri .

" Beliau sangat paham tentang hal yang berkaitan dengan buruh migran , " ucap Wabup Muqit Arief .

Wakil Kedubes Allaster Cox menyampaikan maksud kunjungannya ke Tanoker di Kecamatan Ledokombo adalah untuk melihat dan mengunjungi proyek yang dilakukan antara Indonesia dan Australia , khususnya yang ada di Jawa Timur .

Hari ini , ke Ledokombo untuk berkunjung ke Tanoker , untuk melihat bagaimana proyek Tanoker dilaksanakan dalam 15 tahun terakhir , dalam rangka mengembangkan suatu kesadaran mengenai kepentingan warisan tradisional sebagai lem untuk mengkukuhkan masyarakat disini , kata Allaster Cox .

Allaster Cox mengungkapkan , kedatangannya ke Jember untuk melihat contoh dari Tanoker , yang merupakan sesuatu yang sangat penting dalam melestarikan budaya lokal karena sekarang dunia menghadapi tantantangan globalisasi .

" Kami ingin mendukung kegiatan Tanoker , seperti enggrang , barisan tradisional , kegiatan ekonomi tradisional dan bisnis kerajinan UMKM . Semua kegiatan ini penting untuk mengkukuhkan semangat masyarakat sebagai suatu yang penting untuk menghadapi masa depan dengan kepercayaan diri sendiri , ujar Allaster Cox .

Allaster Cox dalam kesempatan itu juga menyatakan banyak orang yang menjadi imigran . Karena itu , kepercayaan terhadap kehidupan sendiri bagi masyarakat setempat sangat penting . Hal ini yang didorong oleh Tanoker .

Dan , ini alasan saya berkunjungan kesini dan lewat dari program-program kedutaan Australia , kami mendukung kegiatan ini , karena kegiatan ini berada di akar rumput . Kami menghargai kerajinan disini untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan kegiatan lokal ,  pungkas Allaster Cox .

Seperti diketahui , Tanoker merupakan kelompok masyarakat di Desa Ledokombo , Kecamatan Ledokombo , yang memberikan perhatian kepada anak buruh migran setempat dengan berbagai kegiatan seni , budaya dan ekonomi lokal .  Kelompok ini bekerjasama dengan berbagai lembaga , diantaranya berasal dari Australia .

(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman