Bupati Faida Targetkan Sedikitnya Dua Ribu RTLH Bisa Diselesaikan Pada Tahun 2019 ini



Peduli Rakyat News | Jember,- Saat ini , Pemerintah Kabupaten Jember berupaya menurunkan jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang tercatat mencapai 95 ribu dari 2,6 juta jiwa penduduk Jember . Perbaikan ini dianggarkan dalam APBD Kabupaten Jember di setiap tahunnya .

“ Untuk tahun ini ditargetkan paling sedikit dua ribu rumah bisa diselesaikan , " terang Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR .

Hal tersebut dikatakan Bupati Faida di sela-sela meninjau RTLH milik warga Desa Randuagung , Kecamatan Sumberjambe pada Sabtu 13 Juli 2019 .

Bupati Faida mengatakan di Desa Randuagung ini sendiri , ada sekitar 150 rumah milik warga yang mendapat giliran untuk peningkatan kualitas RTLH . Jumlah ini merupakan tambahan setelah 91 rumah yang telah selesai diperbaiki pada tahun 2018 lalu . Untuk anggaran tiap rumah rata-rata Rp . 17,5 juta .

“ Hebatnya di desa ini , warga masih aktif melengkapi rumah yang tahun lalu sudah dibangun dengan dilukis ,  sehingga lebih indah," ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida mengatakan , disisi lainnya adalah para pemuda setempat yang menjadi relawan sangat aktif berperan membantu program pemerintah kabupaten Jember.

Untuk peran mereka ini , Bupati Faida akan membuat satuan tugas di masing-masing desa .  “ Sehingga kedepan akses membantu kades , camat , dan bupati melalui progam-program dinas bisa lebih cepat , " tutur Bupati Faida .

Lebih lanjut Bupati Faida menjelaskan , terkait kriteria rumah yang mendapat prioritas perbaikan , dirinya menyebut rumah tersebut berlantai tanah , dinding dari bambu dan penghasilan keluarga pemilik rumah tidak lebih dari Rp. 600 ribu per bulannya .

Ibu See salah satu pemilik rumah yang diperbaiki mengungkapkan rasa syukurnya kepada Pemerintah Kabupaten Jember .

“ Terima kasih kepada Bupati Faida , atas bantuan pemerintah sehingga rumah saya bisa diperbaiki , ” ujar ibu See sembari tersenyum bangga .

Ibu See mengaku rumahnya dulu dulu sebelum diperbaiki jelek dan bocor . Sekarang , dirinya berharap mempunyai kamar mandi .

Mukhlis , salah satu warga yang rumahnya juga diperbaiki , menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Faida atas program pemerintah ini . 

" Program ini sangat membantu masyarakat yang tidak mampu . Berharap ke depannya sekolah-sekolah di sekitar Sumberjambe ini dapat diperbaiki Juga , "  ujar Muklis .

Bupati Faida terkait kunjungannya ke rumah-rumah warga di Desa Randuagung , mengaku juga sebagai upaya survei lapangan untuk menemukan masalah-masalah di masyarakat .

" Di Randuagung juga perlu untuk sanitasi lingkungan , karena masih banyak warga yang mandi di sungai . Dan sebagian memerlukan listrik desa serta adanya janda yang belum mendapatkan bantuan PKH , " jelas Bupati Faida .

Bupati Faida di dalam kesempatan kunjunganya ini , juga membagikan sembako kepada warga dan memberikan bantuan alat tulis kepada anak-anak yang akan masuk sekolah 15 Juli 2019 nanti .

(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar