Breaking

Rabu, 17 Juli 2019

Bupati dan Wakil Bupati Jember Hadiri Pelepasan dan Doa Bersama Jamaah Calon Haji Kabupaten Jember


Peduli Rakyat News | Jember,-  Kegiatan Pelepasan dan Doa Bersama Jamaah Calon Haji Kabupaten Jember yang berlangsung di Gedung Balai Serbaguna Jember , pada Selasa 16 Juli 2019 , dihadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dan Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief .

Bupati Faida dalam kesempatan ini , berpesan kepada calon jamaah haji di Jember untuk menjaga kesehatan , fokus pada persiapan .

“ Dan , saat di Tanah Suci dapat menjaga kekompakan , tolong menolong , menjaga nama baik Jember dan Indonesia , " pesan Bupati Faida .

Bupati Faida juga meminta jamaah mendoakan Kabupaten Jember agar lancar sebagai Embarkasi Umrah Haji seperti keputusan Presiden RI Jokowi Dodo .

Bupati Faida menjelaskan , sesuai evaluasi yang dilakukan dari tahun ke tahun , pemerintah memberi bantuan alat komunikasi untuk ketua kloter supaya dapat mengkoordinir anggotanya dengan mudah . Juga panduan tambahan berupa buku-buku doa sebelum berangkat dan sesudah haji .

Termasuk tambahan tenaga TPHD dari Kabupaten Jember , tenaga medis dan bantuan umum . Serta panduan keagamaan untuk melengkapi TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) dan TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) , sehingga jamaah bisa terlayani penuh .

Bupati Faida berharap tidak ada jamaah yang membawa barang dagangan atau lainnya yang melanggar . " Diharapkan hal-hal tersebut ditindak dengan tegas , supaya tidak mengganggu jalannya ibadah haji , " ucapnya .

Menurut Bupati Faida , dalam menghadapi cuaca ekstrem di Arab Saudi , kuncinya adalah badan yang sehat . Jamaah perlu menjaga kesehatan , makan yang cukup , menggunakan waktu sebaik mungkin . 

“ Termasuk main sosial media dihentikan terlebih dahulu untuk istirahat , " pesan Bupati Faida .

H. Muhammad selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jember melaporkan , untuk jumlah jamaah haji tahun ini sebanyak 1.984 jamaah, termasuk TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) 10 orang . Berdasarkan jenis kelamin , ada 1003 laki-laki dan 981 perempuan .

Diantara calon jama'ah haji itu  terdapat calon haji tertua bernama Armo yang berusia 98 tahun . Sedangkan yang termuda adalah Muhammad Kafin berusia 18 tahun .

Muhammad Kafin menjelaskan bahwa  dirinya berhaji dibiayai orang tua . Ia mendaftar di usia 9 tahun . Persiapan yang dilakukan selama ini menjaga kesehatan dengan berloahraga .

Muhammad Kafin berpesan kepada pemuda di Jember yang ingin berhaji . “ Karena sekarang mendaftar haji dan berangkatnya masih lama , jadi segera mendaftar dari sekarang , " pungkasnya .

(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman