Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Jember Mengikuti Sosialisasi DTS

Ratusan ASN mengikuti sosialisasi DTS

Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha Kamis 16 Mei 2019 , sosialisasi program Digital Talent Scholarship (DTS) kepada ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember .

Hal ini dilakukan dalam upaya mendorong peningkatan kompetensi sumberdaya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Pemerintah Kabupaten Jember .

 Ir Herry saat memberikan penjelasan nya

Ir. Herry Azis, M. Eng . sebagai Staff Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sebagai pemateri acara tersebut .

Dalam hal ini , Herry menjelaskan program Digital Talent Scholarship merupakan kesiapan pemerintah  untuk menghadapi era 4.O. Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia .

Sebab , terdapat suatu kajian yang mengatakan bahwa teknologi hanya mampu menyelesaikan masalah hanya 26 persen saja. Sementara sisanya yang lebih besar adalah SDM dan kebijakan .

"Jadi , peran penting ibu bapak sebagai orang yang akan membuat sebuah kebijakan , yang akan membuat aturan dan instruksi kerja," terang Herry .

Herry menjelaskan beberapa pilihan keterampilan yang ditawarkan dalam Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kementrian Kominfo . Misalnya pada pilihan pelatihan Basic Digital Skill memberikan memberikan informasi kepada masyarakat tentang berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian .

"Kesiapan kita dalam memasuki industri ke-4 , salah satu hambatannya adalah pengetahuan kita yang belum cukup tinggi tentang internet , " terangnya .

Herry lebih lanjut menerangkan di internet , jejak digital seseorang bisa dicari . "Jejak digital tidak bisa hilang . Siap-siap untuk masuk ke online academy dan mendapatkan sertifikat , b " katanya . Online academy yaitu pembelajaran online dengan waktu tertentu .

Sementara pada Digital Policy adalah proyek percontohan yang dikerjasamakan antara Kominfo dan Lembaga Administrasi Negara untuk eselon II , ujarnya .

" Jadi belum dibuka untuk umum . Saya harap nanti dari Jember ada yang mengikuti , dari eselon III juga bisa , " ujar Herry . Contoh dari Digital Policy seperti cyber security . Cyber security disini tidak membahas secara dalam bagaimana melakukan penetrasi ke sebuah sistem , tetapi lebih ke arah konsep , pungkasnya .

Nu2g

Posting Komentar

0 Komentar