Breaking

Jumat, 10 Mei 2019

Audiensi Program Digital Talent Scholarship oleh BPSDMP Surabaya Kementerian Komunikasi dan Informasi RI Dengan Bupati Jember

Ket.foto : Bupati Faida saat audensi

Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat di Pendopo Wahya Wibawa Graha , Kamis 09 Mei 2019 , audiensi Program Digital Talent Scholarship oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Surabaya Kementerian Komunikasi dan Informasi RI dengan Bupati Jember .

Untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) , Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR mendorong warga Jember untuk memanfaatkan beasiswa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika .
Ket.foto : Bupati Faida saat berfoto bersama

Bupati Faida mengupayakan hal tersebut setelah menerima paparan dari Kepala UPT  Badan Penelitian dan Pengembangan SDM (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya , Eka Handayani .

Salah satu upaya Bupati Faida yaitu dengan memasang iklan sosialisasi di media massa untuk program beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) . "Supaya bupati bisa membantu anak Jember," kata bupati kepada sejumlah awak media .

Untuk pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Jember sendiri , Bupati Faida juga mewajibkan untuk mengikuti program Online Academy (OA) .

Akan dipilih seratus lebih pegawai untuk mengikutinya . Diwajibkan mengikuti OA untuk mengetahui informasi yang lebih luas dalam pelatihan ini , juga untuk kombinasi program lokal kedepannya , " ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida menjelaskan , bagi guru-guru yang mengajar bidang TIK untuk aktif dalam program ini . Mereka akan diundang dalam acara buka puasa bersama guna mendapatkan sosialisasi program Kementerian Kominfo ini . "Utamanya untuk para pelamar kerja , juga akan disosialisasikan program DTS , " jelas bupati .

Eka Handayani sebagai Kepala UPT BPSDMP Kementerian Kominfo Surabaya menjelaskan bahwa DTS merupakan beasiswa pelatihan intensif bagi 25 ribu peserta di seluruh Indonesia .

Lebih lanjut Eka Handayani menjelaskan , program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM di bidang TIK dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0, dengan goals sertifikasi internasional yang akan dikeluarkan oleh badan Litbang SDM .

Program DTS ini memiliki empat program . Program pertama yaitu program Fresh Graduate Academy (FGA) yang khusus untuk D3 , D4 dan S1 di Jatim bertempat di ITS , UB dan Universitas Surabaya selama 2 bulan , jelas Eka Handayani .

Program kedua yaitu Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk alumni SMK TIK . Program ini dilaksanakan selama satu bulan di Politeknik Jember .

Kemudian program ketiga yaitu program Online Academy (OA) untuk PNS , non PNS , masyarakat umum dan lainnya . Sedangkan program yang ke empat atau yang terakhir yaitu program Coding Teacher Academy (CTA) khusus untuk guru-guru SMK/SMA yang mengajar TIK .

Selain goals sertifikasi international yang didapatkan , peserta VSGA , CTA dan OA bagi yang belum bekerja akan dimasukkan ke data base Kementerian Kominfo , ujar Eka Handayani .

Eka Handayani menambahkan , untuk mereka yang masih mencari kerja ini akan dipertemukan dengan pihak industry . Ada 113 Industri yang akan memanfaatkan alumni DTS yang bersertifikasi .

Peluang kedepan ada 2,1 juta jenis pekerjaan baru yang tidak bisa dideteksi berkaitan dengan TIK , sehingga harus meningkatkan keterampilan dengan mengikuti DTS . "Bupati Jember sendiri sangat mendukung kegiatan ini dengan luar biasa . Diharapkan Jember bisa mempunyai banyak SDM yang sudah tersertifikasi," harap Eka Handayani .

Pada akhir penjelasannya , Eka Handayani mengatakan bahwa , pendaftaran untuk ikut program ini sampai dengan tanggal 19 Mei 2019 . Tidak dipungut biaya atau gratis . Persyaratan bisa dilihat pada laman web digitaltalent.kominfo.go.id.
Nu2g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman