Bupati Sidak Peternakan Babi Segera Panggil Pemilik

Ket.foto : Bupati Lumajang saat sidak di peternak Babi

Peduli rakyat News Lumajang – Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M. ML, (Cak Thoriq) merespon cepat keluhan warga Dusun Duren, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono Lumajang, Jawa Timur, tentang dampak buruk Peternakan Babi yang selama ini banyak meresahkan warga sekitarnya.

Informasi itu  diterima bupati saat berdialog bersama warga untuk Sholat Jum’at, di Masjid Nurul Huda, Dusun Duren, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Jum’at (12/4/19).

Keresahan warga terhadap adanya dampak Peternakan Babi sejak  puluhan tahun. Sehari-hari, bau limbah yang dikelola para peternak babi sangat menyengat.

Parahnya, limbah peternakan babi  dibuang di aliran sungai, tidak dikelola dengan baik.

Bupati inspeksi mendadak (sidak)  di peternakan Babi tersebut usai Shalat Jumat, guna mengetahui  secara langsung yang tengah dihadapi warganya.

“Saya lihat langsung  di dalam, ternyata benar limbah bau sangat menyengat. Ini pasti mengganggu masyarakat setempat. Saya juga lihat secara langsung, ternyata tempat pembuangan limbahnya langsung ke sungai. Artinya, limbah tidak dikelola dengan baik oleh peternak babi,” ujar bupati saat melaksanakan sidak di peternakan Babi, Dusun Duren.

Bupati akan melayangkan surat panggilan untuk klarifikasikan tentang semua hal yang ada di peternakan babi tersebut.

Bupati akan mengecek surat perizinan yang dimiliki oleh peternakan babi dan akan mempertemukan masyarakat dengan peternak babi.

“Saya sudah mendapatkan informasi tadi, bahwa sekian waktu tempat ini tertutup untuk masyarakat, sehingga tidak ada dialog antara peternakan ini dengan masyarakat lingkungan sekitar,” pungkasnya. ( Eko santoso/biro)

Posting Komentar

0 Komentar