Breaking

Kamis, 28 Maret 2019

Meningkatkan UMKN Melalui Ekonomi Digital Era Modern


Peduli Rakyat News - Banyuwangi, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo) bersama dengan lembaga pengembangan ekonomi rakyat(LPER), serta bukalapak.com dan Bank Mandiri mengajak Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memaksimalkan e-Commerce sebagai wadah untuk mengembangkan usaha mereka.


Hal itu diutarakan dalam Forum Sosialisasi "Potensi ekonomi digital berbasis kearifan lokal" di pelinggihan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Banyuwangi Rabu (27/3/2019).


“Kami mengajak teman-teman Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk naik kelas. Artinya dari yang offline menjadi online"
ucap Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Septriana Tangkary kepada awak media.


Ia juga menjelaskan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak UMKM yang ada di Banyuwangi  untuk berjualan lewat marketplace.


Wadah online dan e-Commerce dipilih karena dianggap murah, aman, serta dapat memperbesar peluang peningkatan pendapatan hingga 80 persen. Selain itu, e-Commerce juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk UMKM Indonesia.


Menurut Septriana, penetrasi penggunan internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 132 juta yang membuat Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia.


Namun, baru sekitar 8 persen pelaku UMKM yang telah memanfaatkan wadah online untuk memasarkan produknya. Hal ini karena masih banyak UMKM yang ragu apakah produknya bisa dijual secara online dan kurangnya pengertahuan tentang bagaimana cara berjualan lewat e-Commerce.


"Karena itu edukasi akan pemanfaatan teknologi penting untuk terus dipupuk. Masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk memanfaatkan teknologi agar industri dapat terus berkembang pesat. Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, ini salah satu cara kami mendukungnya" tuturnya.


Septriana melanjutkan, "Di samping adanya dukungan pemerintah kepada petani dan UMKN di antaranya adalah melalui kebijakan,  pelatihan pengembangan kapasitas SDM di bidang TIK. Serta memfasilitasi pemasaran dan promosi berbasis digital agar bersaing dan menjangkau seluruh daerah dan masyarakat luas".


Adapun tujuan pemetintah adalah membantu  kelompok tani, UMKN dan koperasi dan masyarakat umumnya,  guna memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi. Serta tidak kalah pentingnya meningkatkan senergitas antar komponen bangsa dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di di era gitil lanjutnya.
(Oye'x/Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman