Breaking

Sabtu, 02 Maret 2019

Bupati Faida Pimpin Langsung Tim Jalan Lubang Atasi Jalan Berlubang di Jember

Bupati turun langsung untuk penambalan jalan berlubang

Peduli Rakyat News | Jember,- Tim Jalan Lubang (TJL) adalah bentukan dari Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR yang berunsur dari beberapa anggota Unit Reaksi Cepat dinas PU Bina Marga untuk  menambal jalan berlubang yang ada di Seluruh wilayah Kabupaten Jember . Bertempat di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat 1 Maret 2019 Tim Jalan Lubang diberangkatkan oleh Bupati  Faida .
Tim Jalan Lubang tersebut , bersemangat mengikuti arahan bupati sebelum pemberangkatan distart . "Karena masyarakat bukan ingin cepat didatangi , tetapi ingin jalannya cepat diaspal dan ditutup (lubang jalannya) , kata Bupati Faida .

Bupati Faida menegaskan sebelumnya tim ini bernama Unit Reaksi Cepat Pemeliharaan Jalan Dinas PU Bina Marga , namanya unit reaksi cepat namun unit ini tidak cepat menanggapi keluhan warga , padahal semuanya sudah tersedia seperti peralatan dan anggarannya .
Saat ini ada 5 tim yang diberangkatkan pada hari ini dengan jumlah keseluruhan mencapai 55 orang terbagi 5 jurusan . Dengan mengendarai mobil pick up , mereka telah dibekali dengan peralatan dan aspal untuk menambal jalan aspal berlubang .
Bupati memberikan semangat kepada tim penambal lubang

Untuk awal kali ini , tim akan menambal lubang jalan aspal di daerah perkotaan . Selanjutnya akan diteruskan ke seluruh wilayah Kabupaten Jember . "Saya juga akan turun di lapangan bersama mereka , tegas Bupati Faida kepada awak media . Jalan lubang akan ditandai dan semua tim sudah ready alat kerjanya , pelindung diri dan aspal . Semua sudah ada , anggaran juga ada , ungkapnya kembali .

Pada kesempatan itu  , Bupati Faida juga berpesan kepada anggota Tim Jalan Lubang untuk tidak pilih-pilih dalam melaksanakan penambalan jalan . Tidak ada juga alasan untuk kepentingan konflik politik , sehingga jalan aspal yang berlubang tidak segera ditutup atau pindah jalan yang lain pelaksanaannya "Saya tidak ingin mendengarnya , tidak ada gunanya semua itu , tegas Bupati .

Jangan sampai mengabaikan jalan berlubang karena hal itu bisa mengakibatkan celaka bagi diri sendiri , keluarga  dan masyarakat . Siapapun , kita ikut berdosa apabila menunda perbaikan jalan , tutur Bupati Faida . Seiringnya hujan yang mengguyur Bumi Pandhalungan , membuat banyak keluhan masyarakat tentang jalan aspal yang berlubang . Pada akhirnya Tim Jalan Lubang dibentuk untuk menutup jalan aspal berlubang , telah dilepas oleh  Bupati Faida untuk merespon keluhan warga tersebut .
Bupati beserta tim terjun langsung ke jalan

Bupati Faida turun langsung memimpin operasi Tim Jalan Lubang tersebut . "Saya juga akan turun di lapangan bersama mereka , kata bupati kepada wartawan usai memberikan pengarahan . Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga Yessiana Arifa ST M.Eng. mengatakan , rute awal perbaikan jalan aspal ini yakni Jalan Kalimantan , jalan Mastrip , jalan Riau dan Jalan Jawa atau yang lebih dikenal dengan area kampus .

Untuk jalan tanggungan provinsi sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk jalan nasional , jelas Yessiana mendampingi Bupati . Di Jalan Mastrip , rombongan tim berhenti di dua tempat . Setelah keluar dari mobil dinasnya , Bupati Faida memberikan tanda di jalan aspal yang berlubang menggunakan cat semprot kalengan . Sejalan itu , Tim Lubang Jalan menurunkan sejumlah peralatan dan aspal untuk melakukan penangannan .
Bupati menandai jalan yang berlubang

Sebelum ditambal , lubang jalan tersebut dibersihkan menggunakan angin dari kompresor selanjutnya mereka juga membongkar jalan yang rusak menggunakan check hammer atau alat penghancur aspal . Setelah bersih , lubang itu disiram dengan aspal cair . Kemudian ditimbun aspal olahan yang telah disiapkan dalam beberapa karung . Setelah proses instalasi itu bahan diratakan , lalu dipadatkan menggunakan babby roller dan tampak Bupati Faida juga tampak ikut meratakan aspal olahan bersama anggota Tim Lubang Jalan .

Lebih lanjut Bupati Faida mengungkapkan , setelah penambalan lubang jalan selesai , Pemerintah Kabupaten Jember akan membuat pusat pengaduan (call centre) jalan berlubang yang mungkin terlewatkan oleh pantauan pengamat jalan . "Sehingga nantinya masyarakat juga bisa memanggil Tim Jalan Lubang melalui call centre , jelasnya .

Kehadiran rombongan Bupati Faida bersama Tim Jalan Lubang ini sedikit membuat arus lalulintas di Jalan Mastrip yang padat tersendat namun gabungan petugas yang ada mampu mengatur dan tetap lancar . Salah seorang anggota tim bernama Pujo Wahyudi ditemui di lokasi pertama penambalan di Jalan Mastrip memberikan estimasi waktu pengerjaan .
Di lokasi pertama , lubang jalan agak lebar namun demikian , pengerjaan penambalan sekitar 15 menit ."Seperti ini agak lebar , kira-kira lima belas menit , ujarnya .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman