Breaking

Kamis, 14 Maret 2019

Bupati Faida : Jiwa Tegak Lurus Harus Dimiliki Oleh Pj Kades Terpilih

 Bupati Faida menyerahkan salah satu SK

Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat di Pendapa Wahyawibawagraha , Rabo 13 Maret 2019 , Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menerima kunjungan  kerja tiga calon Pejabat (Pj) . Hal tersebut untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat desa berjalan baik .

"Saya ingin bertemu langsung dengan para calon Pj kepala desa ini sebelum teken SK-nya , karena saya ingin memastikan bahwa SK yang saya tandatangani ini akan menjadi kebaikan bagi desa dan masyarakat," ujar Bupati Faida .

Ketiganya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN)  menggantikan kepala desa yang telah meninggal dunia dan atau telah habis masa jabatannya , jabatan nantinya berlangsung sampai terpilih kades definitif melalui pemilihan langsung .

Bupati Faida saat memberikan petunjuk untuk pj kades terpilih

Tiga dari ASN yang menjadi Pj Kadesnya yaitu Purwati yang menjabat Pj. Kades Desa Menampu Kecamatan Gumukmas ,  Sugeng Purnomo, S.Sos sebagai Pj. Kades Desa Sumberkalong , Kecamatan Kalisat dan Drs. Suryadi sebagai Pj. Kades Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo .

Bupati Faida mengatakan bahwa Surat Keputusan (SK) yang ditandatanganinya , akan menjadi ujian bagi mereka karena mendapat tugas menjadi Pj Kades yang bisa membuat mereka tergelincir . "Saya pastikan bahwa ini pemilihan yang profesional , tidak ada suap menyuap," ungkapnya. Karen itu , tidak ada alasan berbalas budi kecuali melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya .

Ketiganya dipilih melalui mekanisme yang benar dengan memperhatikan suara dari BPD , mendengarkan laporan dari Camat , serta membaca rekam jejak mereka di Inspektorat .
Terkait di tahun politik ini , Bupati Faida meminta mereka bisa menjaga kondusifitas wilayah masing-masing . Mereka diharapkan untuk sering berkoordinasi . Masalah akan selalu ada namun yang terpenting masalah bisa dikelola dengan jalan yang terbaik ,"ungkapnya .

Bupati Faida kembali menegaskan setelah pertemuan itu , ketiganya akan mengantongi SK . Sehingga mereka bisa langsung melaksanakan tugas sebagai kades . Ada tugas khusus yang diberikan bahwa , yakni warga miskin dan dhuafa di daerah terpencil . Warga miskin dan kaum dhuafa merupakan amanat terberat dalam menjalankan tugas . "Tidak selamanya ada kesempatan ini . Mumpung jadi PJ Kades , layani masyarakat dengan sebaik-baiknya," tegasnya .

Kembali Bupati Faida menerangkan , ada paradigma di Pemerintah Kabupaten Jember yang harus diubah . Paradigma tentang komunikasi dalam birokrasi yang berjenjang .
Memang birokrasi itu berjenjang , tetapi komunikasi yang lancar dari rakyat bawah pun boleh berkomunikasi . Memang ada keterbatasan karena tidak mungkin semuanya dilayani langsung , terangnya .

Menurut Bupati Faida , ada hal-hal yang perlu disampaikan langsung dan tindakan ini tidak ada salahnya . Sedang kewajiban lapor kepada atasan yang berjenjang adalah suatu prosedural yang harus tetap dijalankan .

Komunikasi langsung ini , karena bupati punya tanggungjawab untuk melayani masyarakat . "Saya hanya ingin memastikan bahwa masyarakat terlayani dengan baik," pungkas Bupati Faida .

Nu2g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman