Breaking

Selasa, 05 Februari 2019

MEMBACA TANDA ZAMAN


خير امتي قرني ثم الذين يلونهم ثم الذين يلونهم

PEDULI RAKYAT News | Opini,-“Sebaik baik umatku adalah pada masaku. Kemudian orang-orang yang setelah mereka (generasi berikutnya), lalu orang-orang yang setelah mereka.”

Dengan barometer hadits shohih ini, ternyata yg dikatakan jaman now adalah jaman minim ilmu, ulama dalam menafsirkan hadits tersebut ada yang mengatakan bahwa ilmu merupakan benteng terakhir dari keberlangsungan hidup manusia dan alam semesta.

Tiga generasi yang disabdakan nabi tersebut, menurut ulama memiliki keutamaan tersendiri, generasi pertama pada zaman Nabi Muhammad adalah memiliki keimanan yg kuat. kemudian seiring berjalannya waktu, keimanan itu lambat laun mulai terkikis. lalu lahirlah generasi kedua, dengan keimanan yang mulai menipis tapi banyak beramal.

Selanjutnya lahirlah generasi ketiga, dimana keimanan nyaris tiada begitu jg amal mulai terkikis, dan ilmu pengetahuanlah yg menjadi satu2nya panglima kehidupan semesta. ironisnya, sekarang kita sdh berada pada fase transisi, yakni fase menipisnya ilmu dan datangnya jahiliyah jilid II yang akan menjadi gerbang kehancuran "ekosistem" kehidupan dunia. sy tak perlu panjang lebar menjelaskan kenyataan tentang menipisnya ilmu dan akan datangnya jahiliyah modern itu, karena faktanya sudah jelas dan bertebaran di sekitar kita. disinilah pentingnya menyeru dan memperkuat benteng terakhir, karena semakin rapuh manusia maka semakin rapuh pula dunia ini.(Ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman