Breaking

Kamis, 17 Januari 2019

PLT. ASISTEN ADMINISTRASI BUKA BIMTEK LAPORAN KEUANGAN



PEDULIRAKYATNEWS.COM - . Lumajang, 17 Januari 2019 --- Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Dyah Ekasiwi, S.E.,  membuka  Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan akhir tahun 2018, di Lantai III belakang Kantor Bupati Lumajang, Kamis (17/01/19) pagi.                       Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Bagian Keuangan dan Kepegawaian Setda Kab. Lumajang, dengan mengangkat tema:  "Mewujudkan laporan keuangan lingkungan Sekretariat Daerah yang transparan dan akuntabel."

Dalam arahannya, Plt. Asisten Administrasi Sekda Kab. Lumajang menyampaika, bahwa, untuk menyusun laporan keuangan yang  baik, diharapkan para peserta Bimtek tertib beradministrasi dalam pengelolaan keuangan. Ia menjelaskan pejabat Akuntansi tidak akan bisa melaksanakan laporan kalau tidak ada bahan dari para fungsi fungsi yang lain. "Yang paling penting, adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). PPTK adalah pelaksana sedangkan Bendahara mengeluarkan uang, mencatat maupun menerima pertanggung jawaban dari PPTK.       Jadi jangan keluru, Bendahara itu hanya mengeluarkan dan mencatat," jelasnya.

Ia menghimbau, kepada para PPTK untuk membiasakan membuat laporan kepada kuasa pengguna anggaran seusai melaksanakan kegiatan. Begitu juga, pertanggung jawaban (SPJ) harus tertib.       "Kalau sudah selesai melaksanakan tugas, pertangguang jawabannya juga harus selesai, ojo sampe kegiatane mari Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) ne ora ono, bahaya itu, akhirnya nanti bisa mengada ngada itu," tandasnya.

Asisten mengingatkan kepada para Bendahara, untuk tidak membiasakan memberikan uang yang bukan PPTK. "Untuk itu saya berharap kepada peserta yang hadir untuk selalu jujur dalam melaksanakan tugas serta harus berhati hati, karena hal ini berkaitan dengan penyusunan keuangan", pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan dan Kepegawaian Kab. Lumajang, Drs. Agus Salim, M.Pd., melaporkan bahwa  tujuan Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam rangka penyusunan keuangan di masing masing bagian sesuai dengan standar dan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Peserta yang hadir pada Bimtek tersebut kurang lebih 50 orang, terdiri dari Kepala Bagian di lingkungan Setda Kab. Lumajang, PPTK, Pejabat Akutansi, Bendahara Pengeluaran Pembantu serta pengurus barang.

Usai seremonial, dilanjutkan dengan paparan terkait laporan keuangan Pemerintah Daerah. (Suatman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman